Rabu, 21 Juni 2023

Pemimpin akan Bangkit Sesuai Karakter yang Dimilikinya

 


Karakter pemimpin ada bermacam-macam karakter. Setiap pemimpin besar mempunyai karakter tersendiri. Hal itu bisa dikarenakan karena kondisi lingkungan, sosial, gen, dan lainnya.

Seorang pemimpin terkadang mempunyai karakter seperti simbol yang ada pada hewan. Ada seseorang yang seperti karakter singa, elang, srigala atau hewan yang tangguh lainnya. Dan setiap karakter masing-masing ternyata ada yang berbeda.

Jika singa begitu gagah di daratan, sedangkan elang perkasa di udara. Semua mempunyai karakter masing-masing. Satu sama lain memiliki wilayahnya sendiri-sendiri.

Karena memiliki karakter tersendiri, maka pemimpin tidak akan bangkit melebihi karakternya. Seekor singa tidak ada bisa menjadi se ekor elang, begitu pun sebaliknya. Setiap pemimpin mempunyai wilayah dan pendukungnya sendiri.

Dari berbagai karakter pemimpin setidaknya perlu 10 karakter yang harus dipenuhi.

1. Memiliki Pendirian Teguh

Sebagai pemimpin harus memiliki karakter pemimpin yang teguh akan pendirian yang berjalan sesuai dengan visi dan tujuannya, tanpa terpengaruh oleh setiap orang yang disekitarnya.

2. Jujur

Karakter pemimpin yang baik harus selalu jujur kepada anggota tim atau kliennya atas setiap risiko yang dialami pemimpin, baik itu mengenai kerugian ataupun keuntungan yang dia alami oleh pemimpin tersebut.

3. Adil

Pemimpin yang adil akan mengerti dan tahu terhadap pekerjaan apa saja yang pantas kepada karyawannya sesuai dengan batas kemampuan yang dimiliki masing-masing karyawan tersebut. Dengan karakter pemimpin yang bersikap adil, seorang pemimpin akan lebih dihargai dan dihormati terhadap karyawan-karyawannya.

 4. Cerdas

Sebab sebagai pemimpin, Anda juga harus memberikan ilmu pengetahuan Anda terhadap setiap karyawan Anda, dan mengajarkan mereka kepada pengetahuan yang mungkin belum mereka mengerti.

5. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Didalam dunia bisnis, tentu setiap pemimpin akan merasakan masa di mana mereka mengalami jatuh dan bangun ketika membangun sebuah usaha.

Mampu mencari jalan keluar yang mampu membangun usaha Anda kembali, dan jangan membuat karyawan Anda menjadi khawatir akan situasi yang sedang terjadi, bangun rasa kepercayaan dan semangat karyawan Anda untuk membuat keputusan ditengah krisis yang sedang dialami.

6. Komunikasi Yang Baik

Dan dengan adanya komunikasi yang baik antara pemimpin dengan karyawan, bisa mencegah terjadinya perbedaan pendapat dan kesalah pahaman yang dapat menimbulkan kekacauan dalam berbisnis.

7. Bertanggung Jawab

Sebagai pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi pada bisnis yang sedang mereka jalankan. Dan dalam situasi seperti itulah sikap tanggung jawab tersebut sangatlah dibutuhkan dalam seorang pemimpin.

8. Menginspirasi

Karakter pemimpin yang dapat menginspirasi juga berdampak positif terhadap karyawan Anda, dengan begitu secara langsung Anda dapat memotivasi bawahan Anda maupun orang lain yang mendengarkanya, hal ini merupakan kebiasaan pengusahaan sukses yang harus ditiru.

9. Keyakinan

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki keyakinan percaya diri, menunjukkan ketegasan dalam mengambil suatu keputusan bahkan keputusan ditengah krisis sekalipun, untuk mendapatkan rasa hormat dari bawahan Anda.

10. Empati

Memiliki rasa empati terhadap bawahan atau karyawan Anda, itu merupakan karakter pemimpin yang mempunyai rasa kepedulian terhadap karyawannya. Pemimpin harus memiliki tingkat kepekaan tinggi terhadap lingkungan kerja disekitarnya. Kondisi para karyawan harus mendapatkan perhatian khusus.

@ad_abidarwis
@esa.mtech
@esa.atk.batu
@batu.computer
@singhasaricomp
@batuserviscenter

@logmart.batu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar