Sabtu, 17 Juni 2023

Kehidupan Bernilai Karena Melewati Berbagai Ujian

Kata orang bijak bahwa kehidupan adalah mengarungi samudra yang luas menuju dermaga kehidupan. Dalam perjalanan tentu tidak saja perihal yang mulus. Terkadang ada ombak bahkan badai yang menghampiri. Maka mengarungi kehidupan tentu punya ujian yang harus dihadapi. Untuk itu fungsi kepeminpinan harus dikedepankan.

Dalam mengarungi samudra tentu ada tentu ada persiapan secara fisik dan mental. Fisik harus dipersiapkan dengan baik sehingga bisa tetap bugar dengan menghadapi cuaca. Demikian pula dengan mental. Yaitu tetap teguh dalam perjalanan, berani mengambil risiko, serta pantang menyerah.

Ujian ujian yang tidak enak itu harus kita hadapi. Hanya ada dua pilihan untuk diambil: tetap dalam perjalanan atau berhenti. Banyak yang terus berlanjut tetap dalam perjalanan, tapi tidak sedikit yang berhenti bahkan mundur kebelakang.

Kepemimpinan itu yang akan menentukan seseorang untuk memutuskannya. Maka dari itu kepemimpinan sangatlah diperlukan, dan diasah terus-menerus agar tetap konsisten sampai tujuan akhir.

Segala rintangan ibaratkan melewati ujian. Terkadang ujian yang begitu berat harus dihadapi. Untuk yang tergolong ringan, bisa saja akan dihadapi dengan mudah. Dan bisa jadi semua orang akan bisa menghadapinya. Dan untuk naik kelas terkadang kita harus menghadapi ujian yang kian berat.

Setiap ujian memang harus dilalui untuk melalui ujian berikutnya. Kadang bisa langsung lolos, terkadang juga tidak. Ujian yang gagal kita bisa mengulangi kembali sampai nantinya akan bisa lulus. Bukan sesuatu yang buruk jika kita tidak lulus ujian. Yang penting bisa terus belajar, untuk memperbaiki.

Terus belajar akan situasi yang ada jelas diperlukan. Yang itu akan membuat kita bisa terus konsisten pada apa yang ingin kita capai. Akan ada kepuasan tersendiri jika dapat melewati segala ujian itu. Apalagi hal itu dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Dan itu yang akan membuat diri kita bernilai. Nilai yang baik dan memuaskan itu yang ingin dicapai.

Maka untuk untuk bisa menjadi menjadi orang yang bernilai, maka kita harus melalui ujian yang harus dihadapi. Semakin bisa menghadapi ujian apalagi yang berat itu akan bisa menentukan nilai seseorang sesungguhnya. Seperti kata orang bijak bahwa pelaut yang tangguh, justru terbentuk dan bisa melewati badai yang menghadang.

@abi.darwis
@ad_abidarwis
@esa.mtech
@esa.atk.batu
@batu.computer
@singhasaricomp
@batuserviscenter
@logmart.batu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar