Sabtu, 18 Februari 2017

Mengenal Lebih Lanjut Keunggulan OPPO F1s dalam “Selfie Tour-Malang 2017“


Selfie tour Malang. Dok pribadi

Perkembangan smartphone melaju begitu pesat, yang saat ini tidak hanya dipakai sebagai tujuan komunikasi suara ataupun berbasis teks (baca: SMS/pesan pendek). Sejalan juga dengan perkembangan internet yang semakin luas dan terjangkau bahkan bisa diakses gratis (pakai wifi di ruang publik atau kafe), menjadikan pemakaian media sosial (medsos) menjadi gaya hidup (lifestyle) tersendiri. Sudah cukup menjadi kebiasaan bila (selain update status) juga me-share diri sendiri, suatu produk, atau hal-hal lain (yang mungkin remeh-temeh) di akun medsos masing-masing.

OPPO sebagai produsen smartphone terkemuka selalu update dalam meluncurkan produk terbaru untuk mengimbangi perkembangan zaman. Pada tahun 2017 ini resmi diluncurkan produk baru yaitu OPPO F1s dengan memfokuskan pada selfie expert sebagai penguat branding yang selama ini sebagai camera phone. Penguatan pada sisi kamera sangatlah tepat. Untuk dapat dimaklumi bahwa saat ini pengguna sudah lebih banyak beraktifitas dengan mengambil foto atau video. Yang hasilnya selain untuk kepentingan sendiri juga sering kali di-share di akun media sosialnya.


Pengenalan dan sosialisasi produk jelas perlu demi mendekatkan dengan penggunanya, dan OPPO melakukan acara Selfie Tour 2017 di beberapa kota di Indonesia. Dan kota Malang termasuk diantaranya, yang digelar di  Monopoli Garden House Resto & Café Jl Sukarno-Hatta pada hari Selasa (24/02). Saya bersama rekan para bloger yang lain pun turut hadir dalam acara tersebut dengan tagline: Discover New Sense, Create New Trend

Acara tersebut berlangsung cukup meriah dan banyak pelajaran yang bisa dipetik. Smartphone yang canggih belum tentu akan menghasilkan gambar atau video yang baik pula bila tidak disertai dengan pemahaman yang cukup. Baik itu pada perangkatnya ataupun fitur didalamnya. Demikian pula sebaliknya, smartphone yang “biasa-biasa” saja bila tahu dan maksimal menggunakannya akan mampu menghasilkan foto atau video yang berkualitas. Dan akan lebih baik lagi bila disertai pengetahuan foto dan video yang mumpuni.

Smartphone untuk selalu bisa mengabadikan momen. Dok Pribadi

Tentang OPPO F1s

Acara dibuka dengan pengenalan produk OPPO terbaru F1s yang dibawakan oleh Aryo Meidianto Aji, Media Engagement OPPO Indonesia. Ia menjelaskan bahwa produknya mengkhususkan sebagai camera phone di beberapa tahun ini. Dan sebagai cameraphone mengkhususkan lagi pada aktifitas selfie bagi penggunanya. Dan untuk itulah OPPO F1s itu hadir di tahun ini.

Aryo Meidianto Aji sedang memberikan presentasi. Dok Pribadi

Ada perbedaan sedikit, lebih tepatnya upgade dari seri OPPO F1 terdahulu yang juga fokus pada selfie. Untuk kepentingan selfie sudah jelas mengandalkan kamera belakang (sejajar layar) dengan spesifikasi 13 MP. Dengan pixel yang cukup tinggi tersebut maka kualitas gambar akan lebih bagus dan tajam, terutama bila ingin dicetak di kertas foto. 

OPPO yang terus mengembangkan diri. Sumber : materi presentasi.

Walaupun fokus pada selfie expert bukan berarti kamera depan diabaikan, di-grade lagi menjadi 16 MP yang merupakan terbesar dikelasnya. Pada kameranya dengan diafragma besar F/2.0, sehingga cakupan cahaya masuk akan lebih banyak yang akan menyebabkan gambar lebih terang.

Smartphone ini untuk penyimpanan RAM ditambah menjadi 4 GB, sehingga yang gemar multitasking tidak akan mendapat kesulitan berarti. Sedangkan memori internalnya menjadi 64 GB, sehingga penyimpanan file akan lebih banyak. Dan tidak perlu khawatir dengan file yang berukuran besar terutama video terlebih lagi perekamannya dengan durasi panjang. Untuk mendapatkan foto yang lebih ciamik lagi beberapa fitur disematkan didalamnya seperti Screen Flash, Various Filters, Beautify 4.0.

Diantara fitur F1s. Sumber : materi presentasi.

Belajar membuat video (Vlog) yang baik

Dalam acara ini juga dipresentasikan bagaimana membuat video yang baik, yang disampaikan oleh Kartini Fatimah Bohang, jurnalis dari Kompas Tekno. Banyak hal yang ia sampaikan tentang bagaimana membuat video yang baik dan menarik. Semua dipaparkan dengan singkat, padat, dan jelas. Ada beberapa yang harus diperhatikan sehingga video yang dihasilkan dapatkan menjadi maksimal, dan tidak menutup kemungkinan dijadikan video blog (vlog) yang bisa di-share di akun media sosial.
 
Kartini Fatimah Bohang sedang memberikan penjelasan. Dok Pribadi

Langkah yang dilakukan setidaknya ada 3 yaitu pre-prodution, production, dan post-production. Pre-production yaitu saat pra produksi, dengan merencanakan segala sesatu sebelum video dibuat. Kita harus merencanakan untuk apa video itu dibuat. Bisa berupa perjalanan wisata, kuliner, musik, teknologi, hiburan ataupun tujuan lainnya yang bernilai positif.

Setelah itu kita buat flow chat untuk pengembangan dan langkah selanjutnya sehingga dapat berjalan runtut dan sesuai rencana. Diteruskan dengan  story board yaitu dengan memvisualisasi ide-ide yang akan dibangun baik pada diri sendiri terutama bila bersama orang lain. Persiapkan juga peralatan (tool) sekiranya membantu seperti tripod, power bank, ataupun tongsis. Dan disusun pula tempat dan waktu pengambilan gambar nantinya dilakukan.

Pada tahap production jika itu tentang pribadi maka jadilah diri sendiri. Jika hobi masak, bisa juga video tentang review berbagai kuliner atau tentang memasak itu sendiri. Bukannya tidak boleh memperagakan profil orang lain, namun kesannya kurang natural karena bukan passion kita. Tetap berpenampilan menarik (classy) agar video yang dihasilkan menjadi berkelas. 

Langkah selanjutnya adalah post-production, yaitu proses editing video yang sudah kita ambil gambarnya. Untuk mempercantik bisa menambahkan teks, audio, atau musik.  Video pun bisa dipercepat atau diperlambat sesuai dengan keinginan. Dirasa cukup bagus hasilnya dapat di-share di media sosial milik kita, dan tinggal menunggu tanggapan atau interaksi dari pengguna lainnya. Menutup presentasi ini Kartini memberi pesan, be famous ! .

Belajar membuat foto secara praktis

Selain membuat video acara ini juga diajarkan bagaimana membuat foto yang bagus. Materi ini dibawakan oleh Kristian Tjahjono, Managing Editor Yangcanggih.com. Dalam paparannya ia menyatakan bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus dan berkualitas tidak harus memakai kamera profesional (baca: DSLR), pakai smartphone juga tidak kalah bagusnya.

Kristian Tjahjono sedang menyampaikan materi kamera dan foto. Dok Pribadi

Ia memberi contoh dengan menggunakan OPPO F1s dengan cahaya yang minim, dan hasilnya ternyata cukup bagus. Tidak itu saja objek dengan yang berjarak dekat juga mendapatkan hasil yang bagus. Pada OPPO F1s ini kita dapat menyetel beberapa fitur yang menunjang kondisi dan situasi, seperti cahaya yang minim, jarak objek yang jauh atau dekat.


Foto yang diambil dari ketinggian pada malam hari oleh Kristian Tjahjono, memakai OPPO F1s. Sumber yangcanggih.com

Baginya menggunakan smartphone sangatlah ringkat dan praktis. Dengan demikian kita tidak begitu ribet dalam membawanya. Dan itu sangatlah penting sehingga kita tidak kehilangan momen ketika berada pada situasi di mana kita dapat mengabadikan suatu gambar. Dan ia mencontohkan pada dirinya sendiri, yang ketika bersama anak kesayangannya jalan-jalan pada suatu tempat. Ia ambil gambar beserta anaknya tersebut dengan swafoto (selfie), dan hasilnya menurutnya cukup berkesan karena momen jarang berulang kembali. 

Menjajal smartphone OPPO

Tak kenal maka tak sayang, demikian kata pepatah. Tidak hanya teori juga praktek, sebagai penguat kemampuan diri. Kami para peserta setelah seluruh presentasi dibawakan, diberi kesempatan mencoba menggunakan smartphone dari berbagai varian. Tiap peserta peserta dibekali satu smartphone OPPO untuk sesuka hati mengambil foto atau video di lokasi acara berlangsung.

Tiap peserta dipersilahkan mencoba produk OPPO. Sumber IG oppocommunity

Panitia juga menyediakan objek berupa makanan dan minuman untuk diambil gambarnya, yang kemudian hasilnya nanti dapat di-upload di media sosial masing-masing peserta untuk nanti dilombakan untuk diseleksi foto dan video terbaik. Kesan saya sendiri menjajal smartphone OPPO tersebut adalah merupakan gadget yang mempunyai hasil foto dan video yang baik. Fiturnya begitu lengkap yang sekiranya kita dapat menyetelnya sesuai dengan situsi dan kondisi. Dan bukanlah suatu yang basa-basi ketika smartphone OPPO mengambil tagline : cameraphone.
 
Peserta didampingi panitia mencari sudut yang tepat untuk mengambil gambar. Dok Pribadi
 
Dengan perangkat yang canggih, peserta pun bisa menjadi ahli. Dok pribadi

Acara OPPO Selfie Tour 2017- Tour De Malang bagi saya dan para peserta lainnya begitu berkesan dan bermakna. Keunggulan OPPO yang digembar-gemborkan di media massa bukanlah sekedar pemanis, dengan mengundang para penggiat media sosial di berbagai kota untuk mencoba langsung produk unggulan tersebut merupakan poin tersendiri. Bagi penyuka fotografi dan video maker, kehadiran OPPO F1s ini bisa menjadi  referensi untuk menghasilkan karya yang bagus. Apalagi saat ini swafoto (selfie) dan wefie sudah gaya hidup tersendiri. Dan merupakan momen yang tepat apabila OPPO mengkhususkan diri sebagai smartphone selfie.
 
Produk seri baru OPPO. Sumber : oppo.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar