Jumat, 07 Juni 2019

“Little Ubud”, Pesona Bali di Kota Malang


Pulau Dewata yang dikenal sebagai Bali merupakan tempat wisata paling populer di Indonesia bahkan dunia. Keistimewaan Bali –boleh dibilang- kompleks. Di antaranya keindahan alam, ragam budaya, sampai pada kulinernya.

Sama dengan Bali, Malang dan sekitarnya merupakan destinasi wisata utama terutama di Jawa Timur. Banyak tempat bisa bisa dikunjungi sebagai rujukan wisatawan, baik itu segaja dibuat ataupun merupakan daerah unik yang berkembang alami.

Di Malang sendiri terdapat daerah yang berkembang dengan unsur budaya tertentu. Seperti Pecinan yang ada di Jalan Laksamana Martadinata, ataupun Kampung Arab di sekitar daerah Kasin dengan Embong Arab nya.

Nah, ternyata yang di Kota Malang juga terdapat tempat dengan ciri khas budaya tertentu dalam hal ini: Bali. Suatu tempat yang dikemas dalam bentuk penginapan, Ubud Hotel & Cottages Malang namanya. Konsepnya memang tidak seperti Pecinan atau Kampung Arab, namun dengan skala minialis kesan Bali begitu terasa.


Untuk Ubud Hotel Dan Ubud Cottages dipisahkan dua lokasi, berjarak sekitar 200 meter saja. Kedua tempat mempunyai kesamaan dalam suasana Bali. Namun berbeda latar pemandangan nya. Hotel dengan tema sungai, sedangkan cottage dengan pemandangan pegunungan Putri Tidur nun jauh di sana.

Saking miripnya dengan suasana Bali, maka tempat ini ada yang menyebutnya dengan "Little Ubud". Sebutan ini secara tak formal tercetus oleh turis manca negara yang menginap di tempat ini. Menurut Yudha Susanti selalu Executive Asisstent Manager menyatakan bahwa ketika Gunung Agung dalam situasi siaga satu, para wisatawan terutama turis dilarang memasuki Bali.

Dan ini yang membuat turis kecewa tak dapat menikmati keindahan Bali. Namun ada yang beruntung ketika ada turis yang singgah ke Ubud Hotel & Cottages ini bisa menjadi pelipur lara. Sehinga bisa menikmati eksotiknya bali dalam lingkup kecil.


Dari tempat keluarga, yang terbuka semua keluarga
Keberadaan Ubud Hotel & Cottages tak lepas dari pemiliknya yang berasal dari Bali. Kerinduan akan suasana asal itu diwujudkan dalam penginapan pribadi yang kemudian berkembang menjadi hotel dan cottage. Maka tidaklah heran bila konsep penginapannya lebih nyaman untuk kalangan keluarga ataupun komunitas.

Suasana Bali dibuat seotentik mungkin. Sudah pasti beberapa ornamen, ukiran, atau patung tak lepas dari unsur Bali. Bahkan beberapa di antaranya sengaja didatangkan dari Bali. Seperti pohon bunga Kamboja, batu bata, patung, dan benda lainnya. Untuk senimannya juga didatangkan dari Bali untuk proses pembangunan di hotel dan cottage nya.

Begitu lekat dengan nuansa Bali, terdapat pula pura untuk tempat ibadah. Semua terangkai dengan beberapa bangunan penginapan yang cocok untuk keluarga, layaknya suasana home stay. Terdapat pula gazebo untuk tempat beristirahat di lingkungan taman. Dan tidak ketinggalan pula tersedia kolam renang. Terdapat dua buah yang berlokasi di atas, dan di bawah hasil perluasan dan pengembangan beberapa kamar baru.


Pre Wedding, party, dan honey moon
Suasana di Cottage yang begitu unik dengan unsur Bali nya membuat beberapa pasangan yang hendak melangsungkan ke pernikahan melakukan sesi foto pre wedding di tempat ini. Banyak tempat dan spot yang begitu menunjang dan Intagramable.

Tidak itu saja untuk pesta penikahannya pun bisa dilaksanakan di tempat ini. Beragam paket disediakan disesuaikan dengan selera dan kapasitas tamu yang diundang. Dan bila ingin berlanjut bisa juga pesan untuk kamar khusus honey moon. Artinya untuk urusan pernikahan di cottage ini boleh dibilang menyediakan paket lengkap.    


Kuliner Bali yang menggoda   
Untuk kulinernya sendiri Bali mempunyai rasa yang mengesankan. Menu seperti Ayam Betutu, sambal matah, ataupun sate lilit dari ikan tuna dan tengiri merupakan kuliner khas Bali yang tak boleh dilewatkan. Dan beberapa urapan sayur, kering tempe khas Bali juga disediakan.


Selain itu di sini juga tersedia bancakan ala Bali yang sering disebut Megibung. Tak hanya kuliner khas yang disajikan. Ritual menikmatinya juga diperkenalkan. Seperti para peserta perempuan akan diberi selendang, sedangkan para lelaki diberi udeng. Saat menikmati Megibung ini bisa dipilih dengan lesehan atau pun memakai meja kursi.

Dan bila ingin menikmati hidangan dengan suasana taman juga tersedia, dan tentunya harus pesan telebih dahulu. Dan bila ingn menikmati secara reguler bisa menuju restoran Tampak Siring yang ada di cottage ini.  


Keberadaan Ubud Hotel & Cottage ini bagi wisatawan luar kota atau manca negara bisa menjadi rujukan sebagai tempat menginap yang nyaman dan unik. Dan bagi warga kota Malang sendiri tempat ini bisa dijadikan ajang acara even yang menyenangkan. Mulai dari seminar sampai gathering.
Bagi penyuka kuliner terutama dari Bali, menuju tempat ini bisa menjadi rujukannya yang bisa dikunjungi sewaktu-waktu. Hal ini juga akan memperkaya dan meneguhkan kota Malang sebagai wisata kuliner berbagai daerah nusantara.

Dan untuk mengentalkan nuansa Balinya maka aka nada even budaya dan seni. Menikmati tari dari Bali akan bisa ditemui di Ubud Hotel & Cottages ini. Bali pun akan bisa lebih dekat di Malang dengan Little Ubud nya ini. Suatu tempat yang tak jauh dari pusat kota, sehingga mudah ditempuh dari beberapa penjuru. 

Ubud Hotel & Cottages Malang

Jl. Bendungan Sigura-gura Barat No.6 Malang [Peta]
Telp.: (0341) 57 1313; 5071458,  WA (text only): 08121549970

Tidak ada komentar:

Posting Komentar