Sabtu, 28 Januari 2017

Malang Citizen (MC), Komunitas Bloger Lokal untuk Mengangkat Potensi Daerah


Peresmian Taman Kelinci hari Jumat (23/12/2016) di Pujon kab. Malang, perlu sosialisasi di media sosial terutama di blog. Malang Citizen turut hadir dalam peresmian tersebut. Dok pribadi

Kita mulai dari kata Malang dahulu. Yaitu sebuah daerah yang melingkupi dua kota yaitu kota Malang dan kota Batu, dan satu kabupaten Malang. Kota Batu sendiri secara kutular masih ada “bau” Malang sebab merupakan pemerakaran dari kabupaten Malang. Maka ketiga daerah tersebut lebih umum disebut Malang Raya.

Di Malang raya sendiri mempunyai beberapa potensi industri, pariwisata, dan pendidikan. Kota Malang sendiri sudah lama di sebut kota pendidikan. Maka tidak heran bila di kota ini terdapat ribuan mahasiswa yang tersebar di beberapa perguruan tinggi (PT). Untuk pariwisatanya kota Batu bisa dibilang “jagonya”,  banyak tempat wisata unggulan  baik alami atau buatan berada di kota ini. Sedangkan di kabupaten Malang kawasan industri banyak terdapat di wilayah ini terutama di kecamatan Singosari dan Lawang.


Selain itu ada potensi lain seperti di pertanian, perikanan, dan peternakan. Dan yang terbaru adalah sudah mulai berkembang kepada industri kreatif. Beberapa kampung mulai berbenah dan menjadi unik. Ruang publik dan taman kota bertambah banyak, kafe atau pun restoran bertebaran di mana-mana terutama daerah kota.

Peranan bloger dan media sosial

Pada era saat ini, teknologi informasi komunikasi (TIK) sudah semakin semarak. Penggunaan smartphone yang juga ada aplikasi media sosial bukanlah menjadi sesuatu yang mewah lagi. Mewabahnya media sosial tersebut juga diisi dengan berbagai ulasan (review) baik itu produk, tempat wisata, hotel, restoran atau pun tempat publik. Saat ini bila makan di luar, terkadang perlu di foto apalagi objeknya unik  dan kemudian di- share di media sosial.

Jika ada ulasan mendalam maka di blog lah tepatnya. Dan untuk menulis di blog perlu keahlian khusus dalam menulis sehingga nantinya akan mendapat perhatian. Sedangkan orang-orang yang menulis di blog sering disebut dengan bloger, yang saat ini jumlahnya semakin bertambah.

Peranan bloger saat ini begitu penting. Dalam suatu acara even seperti peluncuran produk baru atau peresmian suatu tempat, keberadaan bloger –boleh jadi- sudah sejajar dengan jurnalis media mainstream (arus utama). Para bloger diberi akses yang sama dalam meliput suatu produk itu. Kelebihan  dari tulisan para bloger adalah penulisannya tidak terlampau baku seperti jurnalis media mainstream tersebut. Yang terpenting adalah tujuan dan maksud dan informasi tersebut tersampaikan.

Foto bersama setelah launching. Dok malangicitizen.com

Malang Citizen (MC) ambil peranan   

Dari ribuan bahkan jutaan bloger yang ada tersebut, bermacam-macam pula karakter dan kesukaannya. Mereka pada suatu saat akan bertemu baik itu sengaja ataupun tidak dalam suatu acara. Dan melalui pertemuan yang biasa disebut kopi darat (kopdar) tersebut para bloger akan melanjutkan pertemuan (kopdar) berikutnya.

Kumpulan bloger itu biasanya berdasarkan kesamaan hobi, minat, asal domisili, ataupun tempat mukim. Dan ternyata di Malang pun keberadaan bloger cukup banyak dengan berbagai status. Dan pada akhirnya para bloger di Malang tersebut sepakat membentuk komunitas bloger Malang Raya yang diberi nama Malang Citizen (MC).

Malang Citizen resmi diluncurkan pada hari Minggu 18 Desember 2016 dengan mengambil tempat di rumah salah satu anggota yaitu mbak Sri di daerah Perumahan Sawojajar Malang. Acara ini berlangsung secara sederhana namun meriah dengan dihadiri beberapa komunitas dan para bloger tentunya.

Dengan wadah Malang Citizen ini, para bloger Malang dapat mengeksplorasi segala potensi yang ada di Malang Raya baik itu wisata, kuliner, produk barang atau jasa untuk dapat menempatkannya lebih baik lagi. Bagi para pengelola wisata ataupun produk dapat bekerja sama secara simbiosis mutualisme. Satu sama lain dapat berdiri sejarar dengan semangat saling berbagi dan menguntungkan.

Di Malang raya ini masih banyak potensi yang belum tergali. Dan masih banyak pula potensi daerah yang harus diangkat ke pentas yang lebih atas lagi, tidak sekedar jadi jagoan lokal. Keberadaan Malang Citizen dapat menjadi arti bahwa bloger tersebut mempunyai peranan. Ulasan yang mendalam, objektif, dan apa adanya akan menjadi referensi tersendiri bagi khalayak. Sedangkan pihak yang diulas dapat menjadi masukan tersendiri untuk dapat memperbaiki diri agar lebih baik.

Silahkan kunjungi website www.malangcitizen.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar