Jumat, 11 Januari 2019

Penginapan Unik yang Pantas Disinggahi Warga Malang dan Para Pelancong

 
Dalam kasus tertentu, warga yang tinggal di kotanya sendiri terkadang tidak lebih tahu di bandingkan dengan warga luar kota bahkan negara. Sebagai contoh adalah penginapan baik itu bernama hotel, hostel, ataupun guest house tentu lebih dikenal tamu yang menginap. Bagi warga di dalam kota sendiri buat apa harus menginap, jika tinggal di rumah sudah cukup nyaman.

Mengenal hotel di kota sendiri memang perlu waktu yang tepat, dan boleh dianggap kebetulan. Kehadiran saat ada acara atau event akan mengerti sepintas perihal hotel tersebut. Paling tidak ruang pertemuannya, lobby, ataupun tempat parkir. Namun untuk tahu lebih dalam lagi seperti kondisi kamar beserta isinya, akan mengalami kesulitan karena tidak menginap. 

Walaupun tak menginap ada cara lain yaitu acara tour hotel adalah adalah cara yang paling tepat. Pihak manajemen hotel mengundang pihak tertentu untuk mengenalkan hotelnya. Bagi penggiat di media sosial (Bloger, vloger, atau selebgram) merupakan sesuatu aktifitas tersendiri, yang bisa menjalin “kerja sama” kepada semua pihak dengan prinsip saling menguntungkan.

Pada hari Minggu (6/01/19) lalu saya beserta 25 penggiat media sosial lainnya menghadiri hotel tour yang bertempat di Villa Victoria Boutique Residences yang beralamat di Jalan Ciujung No. 7 Kota Malang. Kami pun disambut ramah dengan para kru hotel yang dipimpin oleh Alexander Soegio MBus selaku Public Relation. Acara berlangsung dengan santai dengan sesi tanya jawab di ruang Jaya Meeting yang berada di lantai 2.

Dari pemaparan Alex ini, banyak hal yang menarik dari tempat penginapan ini. Dari namanya saja tidak menyebut kata secara eksplisit dengan hotel. Kata melekat pada brand Victoria: villa, boutique, dan residences memiliki penegasan tersendiri ketika ada tamu yang berkunjung ke sana. Dan untuk selanjutnya tulisan ini akan menyebut kata penginapan untuk penjelasan pada Victoria.

Sama seperti hotel berbintang lainnya yang menyediakan fasilitas yang nyaman untuk para tamu. Sumber katalog Victoria
Secara umum fasilitas dari Villa Victoria Boutique Residence ini hampir sama dengan hotel sejenis lainnya. Kamar dengan kamar mandi dalam sekaligus pemanasnya, ruang lobby, free wifi dan fasilitas yang lain sudah menjadi standar umum. Penginapan ini menurut Alex termasuk katagori bintang 2,5 dengan satu kekurangan yaitu belum ada kolam renangnya. Namum demikian dengan menyebut kata boutique, penginapan ini menegaskan terdapat keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh penginapan yang lainnya. Dan itulah yang menjadi kelebihannya.

Villa Victoria Boutique Residence mulai beroperasi sejak Januari 2018. Perjalanan selama satu tahun ini mencapai sesuatu yang menggembirakan. Memiliki kamar sejumlah 80 dengan tingkat hunian yang padat. Sudah banyak tamu dari dalam dan luar negeri yang merasakan kenyamanan penginapan ini. 
Konsep yang diusung sebagai penginapan unik. Sumber katalog Victoria
Lokasi strategis dan nyaman
Lokasi Villa Victoria Boutique Residence cukup strategis yang berada di di tengah kota. Jalan Ciujung langsung bisa menuju Jalan Ciliwung yang merupakan sentral tempat kuliner ekskusif. Selain untuk menuju pusat oleh-oleh di kawasan Sanan yang tekenal dengan kripik tempe dan buah, sangatlah mudah dan dekat. Akses kendaraan umum mudah dijangkau. Dan dengan adanya transportasi online akan lebih memudahkan para tamu jika ingin berkelana di Kota Malang.

Jalan Ciujung memang bukan merupakan jalan utama. Penginapan ini memang boleh dibilang berada dikawasan perumahan yang usianya sudah cukup tua. Dengan lokasi bukan di jalan utama menyebabkan suasana menjadi lebih nyaman dengan tak ada hiruk pikuk kendaraaan bermotor. Maka suasana “hening” ini menjadi daya tarik tersendiri untuk kenyamanan para tamu yang menginap.   
  
Desain kolonial klasik
Penginapan ini boleh dibilang merupakan bangunan baru. Dan untuk desainnya agar lebih unik dan menarik mengambil tema kolonial klasik. Di Kota Malang sendiri peninggalan bangunan heritage masa kolonial Belanda boleh dibilang cukup banyak, dan beberapa di antaranya masih cukup terawat dengan baik.

Maka dengan mengambil desain kolonial merupakan ide cerdas tersendiri. Kesan gaya eropa dengan dominan berwarna putih begitu terasa di setiap ruangan. Adanya kesan masa lalu masih terasa yang digabungkan dengan suasana kekinian. Beberapa orang terkadang sampai kecele, disangka penginapan ini merupakan bangunan tua yang direstorasi. 

Kamar Villa Victoria Suite. Dok pribadi
Dari beberapa penginapan di kota Malang tidaklah banyak yang mengusung tema gaya kolonial ini. Dengan keunikan ini Villa Victoria Boutique Residence menjadikan pengalaman tersendiri bagi para pelancong (baca: tamu) yang tak semata-mata dalam urusan menginap.

Fasilitas kamar mandi. Dok pribadi
Gabungan tradisional modern

Walaupun mengusung tema klasik, penginapan ini menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk lantai menggunakan keramik modern, demikian pula dengan kamar mandinya. Untuk kunci menggunakan sistem elektronik layaknya hotel berbintang lainnya.

Nuansa tradisional dan jadul pada sisi penyajian makanan dan minuman. Dok pribadi
Menariknya nuansa tradisional lokal tetap diperhatikan. Beberapa hiasan pada dinding menggunakan ornament tradisional seperti tampah dan telenan. Kesan tradisional lainnya adalah penggunaan alat makan dan minuman ala pedesaan dan tempo dulu. Seperti cangkir yang terbuat dari batok kelapa ataupun dari logam yang begitu familiar di masa lalu.

Kearifan lokal pun juga ditonjolkan. Maka tidak perlu heran bila dijumpai pada pojok di setiap kamar yang diberi arang dan kopi bubuk. Fungsinya cukup jelas dan ilmiah yaitu untuk menyerap bau pada ruangan.   

Cara tradisional dalam rangka menyerap lembab dan bau. Dok pribadi
Menampilkan foto sejarah
Kesan tempo dulu juga ditampilkan dengan memajang foto pada peristiwa masa lalu. Foto di cetak ulang hitam putih yang diambil dari sumber yang cukup terjamin validitasnya. Maka akan dijumpai foto kenangan masa lampau dari pergerakan perjuangan di Malang khususnya dan Indonesia pada umumnya. Foto tokoh presiden dan wakil presiden pertama RI, Sukarno-Hatta dan tokoh lainnya akan menghiasi di beberapa kamar dan ruangan lainnya.   

Dan foto kenangan sejarah itu dipajang di tiap kamar di atas ranjang dengan ukuran yang cukup besar. Dan beberapa foto lainnya dapat dijumpai di ruangan tempat untuk nongkrong, sebagai tempat untuk makan dan minum.    

Setiap kamar dipajang foto bersejarah. Dok pribadi
Dipakai tempat shooting Film Yowis Ben 2
Ada yang menarik dari Villa Victoria Boutique Residence ini yatu dipakai sebagai tempat shooting Film Yowis Ben 2. Film besutan Bayu Skak ini pada sekuel pertama cukup menark perhatian. Suatu film dengan rasa lokal Malang yang berbahasa Jawa dan berlokasi di Malang. Dan untuk sekuel yang kedua ini beberapa adegan berlangsung di penginapan ini.

Suasana di luar yang asri untuk menikmati suasana. Dok pribadi
Menurut penuturan Alex, agak sedikit terkejut ketika kru film ini memilih penginapan ini sebagai lokasi shooting. Informasi yang didapatkan adalah para kru tesebut mencari tempat yang unik untuk tempat merekam adegan. Dan ternyata dari beberapa survey ketemu tempat di Villa Victoria Boutique Residence ini yang dirasa cocok. Dan sebagai berkahnya pula selain sebagai lokasi shooting, para kru juga menginap di sini selama 2 minggu.

Ada kafe dan restoran
Selain sebagai tempat penginapan, Villa Victoria Boutique Residence juga menyediakan ruang untuk bersantap dan nongkrong. Tempat yang di maksud adalah Resto De Colonial, yang menampilkan dekorasi bergaya kolonial. Menu yang tersaji merupakan khas nusantara dengan cita rasa berkualitas.

Ruang tempat menikmati hidangan yang dihiasi pajangan yang cukup menarik. Dok pribadi
Di samping itu pula terdapat Pasar Rakyat Kafe yang bisa dipakai untuk nongkrong. Di sini kita bisa menikmati hangatnya teh dan kopi dengan dibarengi camilan dan jajanan tradisional. Untuk menikmati hidangan bisa di dalam dan di luar ruangan yang sama asiknya. Di kedua tempat ini kita bisa menikati suasana Villa Victoria Boutique Residence walaupun kita tidak menginap. Dan ini cocok bagi warga Malang yang ingin menikati suasana keunikan di kotanya sendiri.

Harga kamar yang bisa dipesan langsung, melalui online, dan agen travel. Dok pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar