Rabu, 21 Juni 2017

Serunya Taman Dinosaurus di Malang Night Paradise


Pintu gerbang Malang Night Paradise. Dok pribadi
Film Jurassic Park tidaklah asing bagi kita, yang bercerita tentang dunia taman jurassic dan binatang yang sering populer dengan dinosaurus. Aksi di film itu begitu nyata, binatang purba itu seakan hidup di era sekarang. Kita boleh menganggap film itu fiksi, mamun perlu diingat juga bahwa ilmu pengetahuan juga mengakui bahwa binatang purba itu pernah hidup di muka bumi ini. Yang pada akhirnya punah, jejak-jejaknya masih ada dengan ditemukan fosil berupa kerangka oleh para ahli. Dengan bantuan teknologi maka dicoba dikontruksi rupa binatang purba itu dalam visual 3 dimensi ataupun dalam bentuk replika.

Jangan lupakan sejarah kata bung Karno. Dinosaurus yang dilansir Wikipedia merupakan kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria, yang pertama kali muncul pada periode Trias sekitar 230 juta tahun yang lalu. Para dinosaurs dan teman-temannya adalah bagian makhluk yang pernah ada di bumi ini. Ini juga bagian dari pelajaran sejarah yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan, dan lebih baik lagi dipadukan dengan teknologi. Nah untuk belajar tentang dinosaurus tidak harus melalui buku yang –mungkin- membuat rumit bagi kita apalagi anak-anak. Caranya dengan visulisasi yang menyenangkan dan penuh edukasi.

Replika Dinosaurus dengan telurnya yang seukuran orang dewasa. Dok pribadi

Untuk menemukan tempat itu saat ini tidaklah sulit terutama di kawasan Malang Raya. Sudah dibuka wahana baru yang hadir di kota Malang yaitu Malang Night Paradise (MNP). Resmi dibuka untuk umum pada Senin (19/06/17) lalu, saya bersama rekan-rekan Malang Citizen (MC) berkesempatan hadir pada acara peluncuran tersebut. Lokasinya masih dalam kawasan Hawaii Waterpark Malang, di Perumahan Graha Kencana Malang Jalan Raya Karanglo. Tempatnya mudah dijangkau, jalan dari arah kota Malang menuju Singosari yang berada pada sebelah kanan, sebelum bertemu pertigaan Karanglo.

Yang menjadi seru di MNP ini adalah disediakan wahana Taman Dinosaurus. Dimana kita dapat belajar tentang dinosaurus dari berbagai jenis itu sambil berekreasi. Perlu diingat bahwa MNP ini termasuk katagori wisata malam, sebagai penunjangnya maka dipadukan dengan Taman Lampion. Selain kita akan menemukan lampion berbagai tema dengan paduan aneka lampu warna-warni, serta replika dinosaurus akan ditemukan juga.

Replika saat tampak garang. Dok pribadi
Jenis Dinosaurus yang mirip kura-kura. Dok pribadi
Dua jenis Dinosaurus yang saling berdampingan. Dok pribadi

Replika bisa bergerak dan bersuara

Sungguh seru Taman Dinosaurus ini dengan berbagai binatang purba ini yang ditata dengan bagus. Dan canggihnya lagi replika dinosaurus dengan teknologi robotik bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Tangan dan kakinya bisa bergerak, begitu juga dengan badannya. Mulutnya pun kadang menganga memperlihatkan taringnya. Maka dengan demikan kita bisa merasakan sensasinya, seakan-akan replika ini hidup. Tidak itu saja sorotan lampu yang berwarna-warni membuat membuat kunjungan tidak membosankan.

Ada beberapa jenis dinosaurus yang dapat ditemui di taman ini. Ada yang besar dan kecil. Dari pintu gerbang setelah air mancur kita dapat menemui beberapa dinosaurus yang bisa dipakai untuk bermain. Dan setelah masuk lebih dalam lagi melewati beberapa aneka lampion akan ditemui Tunnel Lighting. Setelah melewatinya akan ditemui Taman Dinosaurus yang lebih lengkap replikanya.

Dinosaurus yang habitat air. Dok pribadi
 
Sebagai sarana edukasi juga diberi keterangan dinosaurus yang dimaksud. Dok pribadi
Untuk di taman ini cocok dipakai ajang edukasi. Selain beberapa replika dinosaurus juga diberi keterangan penjelasan jenis binatang yang dimaksud. Ternyata banyak juga jenis binatang purba yang ditemui di taman ini. ada yang dihidup di air, bersayap, bertubuh besar dan kecil. Beberapa diantaranya adalah jenis : Liopleuron, Pterodactyl, Carnotarus, Memenchisaurus, Parasaurolophus, dan Compsognathus.

Setelah keluar dari Taman Dinosaurus tersebut kita masih diberi “bonus”, replika kerangka binatang purba tersebut. Dan ditemui juga replika binatang purba lainnya seperti gajah purba mammoth dan manusia purba serta manusia modern. Dan sedang dalam pembangunan untuk ruang research center untuk melengkapi wahana edukasi taman ini.    

Replika gajah dan manusia purba akan dijumpain diakhir Taman Dinosaurus. Dok pribadi

Replika rangka dinosaurus. Dok pribadi
Dinosaurus bisa ditunggangi

Selain sebagai ajang edukasi, replika dinosaurus dapat digunakan sarana hiburan bagi orang dewasa apalagi anak-anak. Beberapa replika sengaja dibuat untuk dapat ditunggangi. Untuk bisa menunggani replika ini yaitu dengan membeli koin seharga 5 ribu yang kemudian dimasukkan ke tempat yang telah disediakan. Kita tinggal melapor ke petugas yang berjaga, yang selanjutnya akan dibimbing untuk langkah selanjutnya.

Dan ternyata tidak hanya anak-anak yang menunggangi replika Dinosaurus ini. Orang dewasa juga tergoda untuk mencobanya. Maka tidak heran beberapa orang dewasa yang terlihat mencoba permainan ini, tentu diprioritaskan kepada anak-anak terlebih dahulu. Disinilah letak keseruannya, pengunjung tidak hanya dimanjakan aneka lampion yang ada. Namum bisa “berinteraksi” dengan binatang purba ini dengan suasana menyenangkan.

Replika dinosaurus yang dipakai untuk permainan, orang dewasa pun boleh. Dok pribadi
Bisa dimungkinkan buka siang hari

Mengunjungi Taman Dinosaurus memang menyenangkan untuk ajang edukasi serta menambah pengetahuan. Sebagai wisata malam hari MNP buka mulai 5 sore sampai 11 malam. Berhubung masih baru diluncurkan pihak pengelola melihat perkembangan animo pengunjung terlebih dahulu.

Menurut Andi Prasetya, selaku Operational Manager menyatakan kedepannya MNP bisa saja dibuka pada siang hari. Terutama untuk kunjungan di Taman Dinosaurus sebagai ajang edukasi dan pelajaran sekolah, yang memang -bisa jadi- lebih efektif di pada pencahayaan yang lebih terang. Itu sekedar wacana melihat perkembangan selanjutnya.

Untuk bisa menikmati wisata malam Malang Night Paradise ini dengan lampion yang indah dan serunya Taman Dinosaurus bisa datang ke tempat ini, dengan harga tiket masuk Rp. 25 ribu saat weekday dan Rp. 35 ribu saat weekend. Bagi anak-anak yang tingginya kurang dari 85 cm tidak dikenakan biaya alias gratis. 

       
Terima kasih log.viva.co.id atas apresiasinya tulisan ini. 

6 komentar:

  1. Wah, kalo ada wacana buka siang keren tuh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih klo dipikir sebenarnya cukup membantu bagi para siswa tuk belajar dinosaurus, apalagi yang dari luar kota...jadi ngak perlu nunggu sampe malam :)

      Hapus
  2. selamat sore semua, saya membantu menjawab, untuk siang tetap dibuka tetapi hanya untuk rombongan sekolah dan dibuat paket edukasi mas/mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas infonya,kabar baik bagi pengembangan dunia pendidikan.

      Hapus
  3. semoga MNP bisa menjadi alternatif pilihan wisata di Kota Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama yang malam dan edukasi...

      Hapus