Jumat, 09 Juni 2017

Internet Cepat Smartfren 4G untuk Indonesia


Sumber smarfren.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa negara kita Indonesia merupakan surganya “kebebasan”.  Mana ada di negara seperti negara kita yang rakyatnya begitu bebas menyuarakan pendapatnya tanpa rasa takut. Mengkritik pemimpin sudah hal yang lumrah mulai dari ketua RT sampai pada presiden. Masalah hukum bisa muncul bila ada pihak –jika merasa dirugikan- melapor ke berwajib, jika tidak kehidupan akan berlangsung seperti biasanya.

Kebebasan yang paling kentara adalah di ruang daring (online) dalam hal ini adalah di media sosial. Kebebasan menuliskan status terkadang pula membuat polemik apalagi ada kubu yang pro dan kontra. Dan apalagi yang cukup memprihatinkan bahwa terkadang status tanpa ada cek dan ricek terlebih dahulu, yang hal tersebut bisa terjebak pada hal yang sifatnya hoax. Terlepas dari positif dan negatifnya kebebasan di medsos tersebut, keberadaan internet dan fasilitas penunjangnya tidaklah dapat dianggap remeh.


Saat ini untuk mengakses internet begitu mudah, malah sudah sering dilakukan secara mobile dengan menggunakan smartphone yang harganya kian hari semakin terjangkau. Paket data yang dikeluarkan beberapa operator pun juga semakin beragam dan terjangkau. Singkatnya internet dapat dinikmati dengan murah dan bahkan bisa gratis dengan mengunakan fasilitas wifi yang dikelola kafe ataupun berada di ruang publik.

Yang sering diinginkan para user adalah bisa menggunakan internetcepat dalam beraktifitas di dunia online. Semua operator berlomba menyediakan fasilitas yang terbaik. Kecepatan internet tiap masa ada generasinya dan itu terus berkembang. Saat ini di Indonesia sudah bergerak pada generasi 4 (4G), yang secara teknis kecepatan menurut data dari  Wikipedia dapat bekisar 100-1.000 Mbps . Dengan kecepatan tersebut maka download ataupun upload data akan semakin cepat. Data besar seperti video tidak mengalami kesulitan, demikian untuk streaming video juga semakin lancar dan tidak terputus-putus.

Smartfren 4G membangun Indonesia

Keberadaan Smartfren yang dahulu “bermain” di ranah CDMA sudah bertransformasi ke genenerasi terkini dengan Smartfren 4G yang terus berinovasi melayani pelanggannya. Pada 4G saat ini sudah diproritaskan yang lambat laun meninggalkan 3G. paket data yang ditawarkan beberapa operator bahkan lebih terjangkau bila menggunakan yang 4G. Pada smartphone 4G sudah mulai marak dan semakin terjangkau. Maka kedepannya untuk mewujudkan Smartfren 4G 100 % bukanlah impian belaka.

Layanan mendapatkan internet Smartfren 4G bisa didapatkan melalui dari smartphone langsung ataupun bisa didapatkan melalui sharing bersama melalui modem wifi.  Untuk jaringan yang telah disediakan cukup luas yang hadir di 200 kota dan kabupaten.  Dari beberapa paket data yang diberikan cukup terjangkau dan bersaing dengan beberapa operator yang ada.

Adanya internet cepat dengan infrastuktur yang mumpuni akan membuat aktifitas online bagi pengguna akan semakin lancar. Keberadaan Smartfren 4G membantu mempermudah tujuan itu. Namum perlu diingat bahwa dunia internet tersebut merupakan hutan belantara yang bersifat netral. Artinya dunia internet tersebut seperti pisau bermata dua –tergantung penggunaan- bisa digunakan hal yang positif ataupun negatif.

Dan untuk itu anugerah kebebasan dan kemuhana berinternet tersebut alangkah baiknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan bersifat positif. Jangan biarkan aktifitas di dunia maya ini untuk menghabiskan energi yang sifatnya negatif. Boleh saja menulis status di media sosial dan lebih baik lagi menulis  di blog yang menyampaikan hal-hal yang bermanfaat dan positif bagi diri sendiri dan orang lain. Betapapun juga pengisian konten yang positif adalah tanggung jawab kita bersama. Jika konten positif terus diproduksi maka akan diharapkan terus bertambah sehingga nantinya akan mereduksi konten yang negatif.  

Dan tidak lupa bahwa dengan media internet kita bisa mendapatkan sumber informasi dan data yang begitu lengkap dan beragam. Dan alangkah lebih bijaknya kita dapat memilih dan memilah segala informasi tersebut yang ada dengan lebih selektif. Melalui dunia internet tersebut kita dapat belajar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan tidak lupa untuk saling berbagi pengetahuan tersebut untuk dapat saling mengisi beberapa yang dianggap kurang.

Banyak manfaat dari keberadaan internet ini. Tenpat wisata yang dulunya tidak terkenal namum ketika di sharing di media sosial kemudian menjadi viral dan akhirnya tempat itu menjadi ramai. Suatu promosi yang efektif tanpa biaya yang mahal dan langsung menyasar pada pengguna. Manfaat di perdagangan, kampanye sosial sampai pada politik secara online sangat diperhatikan disamping langsung pada pada langkah yang nyata di lapangan.   

Upaya yang dapat dilakukan adalah pemanfaatan internet di dunia pendidikan dengan pengawasan yang ketat dari pendidik dan peserta didik. Dengan demikian sedari awal para siswa tersebut bebagai generasi muda muda penerus dapat pula tahu rambu-rambu di hutan belantara dunia maya tersebut. Dengan demikian diharapkan akan tercipta generasi yang tidak saja cerdas namun juga kreatif dalam menghadapi perkembangan zaman yang serba cepat ini.      



Tidak ada komentar:

Posting Komentar