Sabtu, 25 Maret 2017

Zamzam Hotel, Jaminan Kepuasan dari Hotel Berbintang Tersertifikasi



Tidak sekedar hotel, juga mengusung konsep resort dan convention. Dok pribadi

Sudah banyak kita ketahui kota Batu merupakan destinasi wisata unggulan di Jawa Timur khususnya dan Indonesia pada umumnya. Beragam objek wisata ada di sini. Mulai dari keindahan alamnya dengan kondisi pengunungan dan latar gunung Arjuno dan jejeran pegunungan yang sering disebut Putri Tidur. Wisata air terjun pun cukup banyak mulai Coban Rais, Putri, dan lainnya. Wisata buatanpun juga termasuk unggulan seperti yang dikelola Jawa Timur Park yang menyediakan beragam wahana yang menantang.

Keberadaan destinasi wisata tidak akan lepas dengan penginapan didalamnya. Mulai dari hotel kelas menengah sampai atas, demikian pula dengan villa, belum lagi dengan homestay yang dikelola oleh para warga setempat.


Pemilik berpose dengan menteri tenaga kerja yang sedang berkunjung ke Batu dan menginap di Zamzam Hotel. Dok pribadi

Beberapa hotel di Batu mulai berbenah dan selalu memperkenalkan diri agar mampu mendapat hati masyarakat terutama yang mengunjungi Batu. Tak kenal maka tak sayang, demikian kata pepatah. Zamzam Hotel sebagai hotel yang diperhitungkan di kota Batu ini mengundang para bloger yang ada di Malang raya pada hari Rabu (22/03) untuk mengenal lebih dekat lagi dengan berbagai fasilitas dan penunjangnya di dalamnya. Saya beserta dengan para bloger disambut dan dijamu dengan ramah oleh pihak managemen, bahkan oleh General Manager (GM) Hendra Rustiadi langsung yang memimpin acara ini.    

GM Hendra Rustiadi yang sedang memberikan presentasi seputar Zamzam Hotel di hadapan para bloger Malang. Dok pribadi

Banyak hal yang dijelaskan oleh GM Hendra Rustiadi ini mulai sejak kapan berdiri, fasilitas apa yang tersedia, juga penjelasan tentang sertifikasi hotel yang begitu penting yang itu jarang mendapat perhatian dari masyarakat (baca: konsumen). Kami pun juga diajak berkeliling hotel dan sekitarnya untuk melihat berbagai fasilitas yang ada, begitu pula dengan dapurnya yang begitu vital yang berkenaan dengan pengolahan dan penyajiaanya. 

Interior dan exterior yang begitu padu. Tangga yang lebar menuju lantai 2 yang sering dipakai sebagai spot selfie dan wefie. Dok pribadi

Mengingat prospek yang cukup tinggi hunian penginapan maka Zamzam Hotel hadir melengkapi dari ratusan hotel di Batu dengan mengusung konsep yang berbeda. Tidak sekedar hotel, juga melengkapinya dengan fasilitas resort dan convention. Di hotel ini selain sebagai penginapan juga melayani gathering, table manner, wedding, BBQ, birthday party, buffet, dan lainnya. Maka tidaklah heran bila Zamzam Hotel ini mengutamakan kenyamanan dan kepuasan para tamunya tidak sekenar menginap untuk istirahat saja.

Zamzam Hotel ini mulai beroperasi pada 10 Mei 2014, sedangkan mulai pembangunannya sejak tahun 2012. Hotel ini dibangun oleh pemiliknya pasangan suami istri Ir. Widagdo- Ir. Sri Ribut Gestiani dengan memanfaatkan lahan yang telah dimilikinya seluas 14.000 M2. Sebenarnya sejak tahun 2005 sudah dimulai dengan pemanfaatan lahan sebagai villa dengan 3 bangunan, lapangan futsal  2 unit, serta bangunan karaoke. Akhirnya hotel pun didirikan untuk melengkapi keinginan pemiliknya menjadikan suatu kawasan wisata keluarga.    

Nama Zamzam sendiri bukan sekedar hanya gaya-gayan saja dengan mengambil nama air suci yang ada di Mekkah tersebut. Bahwa Zamzam tersebut dalam ini air merupakan sumber kehidupan dari semua makhluk hidup. Nama tersebut benar-benar diaplikasikan dalam gerak operasional di hotel ini yang akan terus mengalir dan bermanfat bagi pemilik karyawan dan keluarga, lingkungan warga serta pemerintah.

Masyarakat kota Batu dan tamu dapat menikmati fasilitas yang berdekatan dengan Zamzam Hotel. Dok pribadi

Pentingnya sertifikasi hotel

Kita sudah sering mendengar dan membaca beberapa kelas hotel berbintang, mulai dari yang satu sampai lima. Ada yang luput dari perhatian kita bahwa pembintangan tersebut tidaklah sembarangan disematkan. Menurut keterangan Hendra bahwa pembintangan yang ada saat ini berdasarkan pada klasifikasi oleh berbagai pihak, pada umumnya oleh PHRI kadang juga oleh penyedia situs online yang turut memasarkan hunian hotel tersebut.

Bukti tertulis sertifikasi hotel yang dikeluarkan oleh lembaga yang berkompeten. Dok pribadi

Dan pemeringkatan yang benar adalah melalui sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berkompeten dalam hal ini oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU). Zamzam Hotel sendiri merupakan hotel yang telah lolos sertifikasi melalui LSU Mega Tritunggal Mulia Surabaya no.reg. 014/LSU-MTM/II/2015 dengan masa berlaku 3 tahun (18 Februari 2015 - 18 Februari 2018) dengan katagori hotel bintang tiga.   

Adanya sertifikasi merupakan suatu hal yang terpenting bagi dunia profesi dan usaha, yang merupakan pengakuan tertulis yang telah melewati berbagai proses yang cukup ketat. Sertifikasi sendiri pada hotel secara garis besar terdiri dari penilaian yang menyangkut aspek produk, pelayanan, dan managemen. Semua aspek tersebut dinilai dan diberi skor sehingga nanti hasil akhirnya dapat ditentukan klasifikasi secara benar dan tepat.

Kita ambil contoh saja untuk akses lorong jalan keluar masuk kamar hotel. Ada spesifikasinya dengan ketentuan minimal lebar 1,8 M. Hal ini dimaksudkan kenyamanan dalam rangka lalu lalang pengunjung dan barang bawaan. Demikian pula dengan pencahayaan ruangan harus terukur dan memenuhi spesifikasi. Aspek lain apalagi yang berkenaan dengan keamanan seperti  instalasi listrik, pemadam kebakaran, serta lift harus sesuai dengan standar yang ada. Pengolahan air buangan juga diperhatikan, ramah lingkungan yang diharapkan sehingga tidak membuat pencemaran sekitarnya. Serta beberapa item lainnya yang menyangkut keselamatan dan keamanannya.

Bromo meeting room yang luas dapat menampung 280 hadirin. Dok pribadi

Beberapa aspek rasio yang harus dipenuh oleh sebuah hotel dengan membandingkan hunian kamar yang dimilikinya. Dengan jumlah kamar yang semakin banyak maka keharusan jumlah karyawan hotel harus disesuaikan, demikian pula dengan lahan parkirnya yang harus sesuai rasio luasnya. Dan tidak semua hotel memenuhi syarat tersebut sehingga banyak yang tidak lolos sertifikasi terkecuali membenahinya terlebih dahulu.

Pentinggnya sertifikasi juga menyangkut keamanan dan kenyamanan bagi penghuni didalamnya. Dari kaca mata konsumen jelas diuntungkan sebab hak-haknya dapat terpenuhi. Adanya sertifikasi ini juga suatu bentuk keseriusan dari managemen untuk mengelola hotel secara profesional dan mengikuti aturan yang dibuat pemerintah. Tidak semua hotel mengurus sertifikasi tersebut, bisa jadi karena tidak memenuhi persyaratan yang diberikan dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan ketika Zamzam Hotel memperoleh sertifikasi tersebut tidak perlu diragukan lagi standar didalamnya sebab sudah memenuhi kriteria. Dan dengan demikian maka kenyamanan suatu hotel dapat terukur dengan fasititas yang benar-benar terverifikasi.

Taman yang apik dan rindang dipadukan dengan gaya bangunan mediteriania. Dok pribadi

Keberadaan tempat ibadah masjid yang dapat bisa digunakan sebagai sholat Jumat. Dok pribadi

Fasilitas penunjang
Zamzam Hotel hadir tidak sekedar sebuah hotel, juga melengkapinya dengan fasilitas resort dan convention. Sebagai hotel bintang tiga bersertifikasi, fasilitas didalamnya sangat lengkap dan prima. Hotel yang terdiri dari tiga lantai dengan 76 kamar dan tersedia lift. Ada tujuh tipe kamar yang tersedia sesuai kebutuhan tamu, diantaranya: Superior (35M2), Deluxe (40 M2), Executive (48 M2), Junior Suite (53 M2), Deluxe Suite (64 M2), Family Standart (63 M2), dan Family Deluxe (63 M2), khusus tipe family bisa terdiri dari 4 pax. Fasilitas kamar dilengkapi, telephon, TV kabel, SDB, AC, refrigenerator, shower air panas, wifi.

Tempat tidur dengan produk Kingkoil yang terbukti kenyamanannya. Dok pribadi

Kenyamana kamar yang dilengkapi sofa yang elegan. Dok pribadi

Kolam renang dengan latar gunung Panderman. Dok pribadi

Dilengkapi  dengan 4 meeting room; 2 restoran yang menyediakan masakan Indonesia, tiongkok, dan barat. Ada juga masakan dan jajanan tradisional seperti cenil, gatot, tiwul, dan jamu; sarana ibadah masjid yang bisa dipakai shalat Jumat, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, dibagi dua kedalaman 0,5 meter dan 2 meter; terdapat gazebo dan ruang bermain, taman yang luas dengan pohon yang rindang dan diberi sentuhan Bali.

Panderman restaurant yang menyediakan menu continental dan lokal Dok pribadi

Dapat menikmati makanan dengan latar pemandangan yang indah. Dok pribadi

Pelayanan prima
Semenjak tamu datang akan disambut dengan ramah. Tamu akan dimanjakan bagi indera penglihatan, pendengaran dan penciuman. Interior dan exterior yang dihiasi ornamen paduan tradisional dan modern, beberapa sudut dilengkapi lukisan, dan beberapa penataan yang sedap dipandang. Terdengar pula sayup-sayup alunan musik tradisional yang ditata dari beberapa sound system di sudut ruangan. Penciuman kita akan segar terasa dengan aroma terapi.

Dengan bekerja sama bareng rekanan juga menyediakan antar jemput ke tempat wisata di kota Batu yang cukup banyak jumlahnya sesuai dengan keinginan, jadi tidak perlu khawatir melewatkan destinasi wisata yang ada. Dan di sekitar hotel pun pemandangan cukup indah, akan tampak jelas gunung Panderman dengan jarak yang tidak terlampau jauh. Pesona Batu memang menakjubkan ditambah udaranya yang sejuk. Akan lebih berkesan lagi bila kita beristirahat dengan nyaman dan menyenangkan. Maka pilihlah hotel yang terpercaya yang sudah jelas kualifikasinya, dan untuk objektifnya dapat ditunjukkan dengan sertifikasi yang dimiliki. Zamzam Hotel sudah memiliki hal itu, ditambah dengan filosofinya -seperti air Zamzam - yang terus mengalir dan memberi manfaat pada diri dan sekelilingnya.     

Zamzam Hotel & Convention
JL. Abdul Gani Atas, Ngaklik - Batu 65311
Telp. +62341591148-49
Fax  +62341591150
www.zamzamhotel.com
e-mail info@zamzamhotel.com


12 komentar:

  1. service excellent ya mas, semoga bisa menginap disitu ya... Gud luck

    BalasHapus
  2. Waaahhhh...., jaminan hotel keren nih....
    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seharusnya semua hotel bisa mengurus sertifikasinya sehingga konsumen bisa terlindungi haknya :)

      Hapus
  3. Slogan pelayanannya keren ya mas. Jadi pengen nyoba nginep di sini deh.
    Good Luck Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slogan dan filosofinya emang keren mbak...cocok dan nyaman nginep buat keluarga :)

      Hapus
  4. Hotel dengan gaya arsitektur yg indah, lulus sertifikasi dan berada di pegunungan Batu yg indah n sejuk. Makin pengin nginap di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segerakan nginep di sini...sepertinya keinginan Keluarga Biru tidak lama lagi akan terwujud :)

      Hapus
  5. Suka ma bromo meeting roomnya, serba ungu.

    BalasHapus
  6. menteri juga uda nginep disana ternyta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo urusan dinas ya jelas pilih yang bersertifikasi :)

      Hapus