Jumat, 17 Februari 2017

CheeseBury Kopitiam, Tempat Memuaskan Masakan dan Minuman Bertabur Keju


Resto tampak depan, mudah ditemui dari berbagai akses jalan. Dok pribadi

“Aku suka singkong kau suka keju oh oh oh…”

Itulah penggalan lagu lawas era 80-an "Singkong dan Keju (Anak Singkong)" yang dibawakan oleh alm. Arie Wibowo yang menceritakan dua sejoli yang  keadaannya saling bertolak belakang masalah selera. Yang satu suka jaipong yang satu suka disko, yang satu suka singkong yang lain suka keju. Secara singkat menggambarkan suatu kondisi yang satu “deso” dan yang lain “kota”.

Tetapi di era globalisasi saat ini dikotomi antara “deso” dan “kota” tidak relevan lagi. Singkong layaknya dangdut sudah tidak dianggap kampungan lagi. Demikian juga keju bukan saja monopoli orang kota terlebih bule, orang desa pun saat ini tidak asing lagi dengan namanya keju.


Resto tampak samping, ruang semi terbuka. Dok Pribadi

Ngomong-ngomong tentang keju, di kota Malang yang dikenal ragam kulinernya punya olahan keju yang dikemas kreatif. Tempat itu berada di CheeseBury Kopitiam Jl. Dr. Sutomo Kav C1-5. Sebuah resto yang dengan memodifikasi ruko menjadi tempat nongkrong yang gaul dan nyaman terutama bagi kalangan muda.

Ketika memasuki resto ini kesan dua keadaan –kontras- begitu terasa. Suatu resto yang tertata secara modern rapi dan bersih. Tetapi jika kita sedikit jeli maka nuansa etnik Bali akan terasa di sini, baik secara arsitektur ataupun ornamen yang dipajang. Suatu perpaduan antara klasik (baca: tradisional) yang selaras dengan kemoderenan

Suasana lantai 1, gabungan ornamen tradisional dan modern. Dok Pribadi

Suasana lantai 2, tesedia live music pada malam hari. Dok Pribadi
Resto ini berdiri sejak 17 Agustus 2013 yang secara sengaja oleh pendirinya mengambil tema tentang keju, tagline yang diambil yaitu all about cheese. Menurut Surya Prasetyo, sang manager menyatakan bahwa dipilihnya keju disebabkan di kota Malang saat itu masih belum ada resto yang khusus tentang keju. Dari kondisi tersebut maka peluang ingin diraih dan juga memenuhi keinginan bagi mereka yang suka keju.

Surya Prasetyo, manager resto. Dok Pribadi

Saya bersama rekan dari Malang Citizen berkesempatan menikmati hidangan yang berbalut keju ini pada hari Minggu (12/2) lalu. Yang disediakan resto ini dari makanan berupa pasta, pizza, roti dengan dominan taburan keju. Demikian pula dengan minumannya beberapa ada yang ditaburi irisan keju.

Aneka hidangan yang tersedia. Dok Prbadi

Jika kita lihat daftar menunya, ada puluhan masakan dan minuman. Bagi pecinta keju ada beragam pilihannya. Selain menu non keju juga disediakan, yang tidak kalah nikmatnya. Makanan “berat” yang berbahan nasi juga tersedia. Bagi pecinta kopi ada beragam jenis kopi berkualitas nusantara yang disediakan, baik itu arabika dan robusta. Sedangkan yang suka nge-teh beragam juga pilihannya, baik yang dingin ataupun panas.

Diantara makanan yang tersedia, pakai keju dan tidak. Dok Pribadi
Resto ini terdiri dari tiga lantai. Untuk resto di pakai lantai 1 dan 2 sedangkan lantai 3 buat persewaan untuk bisa dipakai meeting. Ruang pada lantai 1 dan 2 semi terbuka, jadi bagi yang ingin mendapat udara segar dapat mencari kursi yang dipinggir, yang cocok pula bagi para perokok sehingga tidak mengganggu pengunjung yang lain. 

Aneka minuman pakai keju, yang segar, dan kopi. Dok Pribadi

Resto ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 12 malam. Kecuali hari selasa setiap pukul 8 malam disediakan live music yang berbeda aliran setiap harinya. Resto ini cocok sebagai tempat santai dan menikmati hidangan baik itu rasa dan estetikanya (sebaiknya difoto dulu sebelum dimakan dan diminum he he he). Zaman sekarang anak singkong pun dapat menikmati keju yang bukan lagi identik dengan “kota”, sama juga dengan singkong yang saat ini bukan sesuatu yang “deso”.         

4 komentar:

  1. Jiaaahhh... nuansa tempat parkir juga difoto. tapi bagus. poin khusus nih, parkirannya rindang banget. nyaman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya untuk nunjukin bahwa resto ini ruangangnya semi terbuka...bukan fokus orang yang di luar (apa itu tukang parkirnya ya hehehe)

      Hapus
  2. Asyeeeekkkkk.......
    i love kejuuu......
    :*

    BalasHapus